jangan cuma menghujat cina

karena populasinya yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia, Cina termasuk ras yang ditakuti kehadirannya. wujud ketakutan muncul dalam berbagai jenis. salah satunya dengan hujatan bahwa mereka rakus, pelit dan tukang tiru. despite of semua penilaian jelek itu, setiap ras sebenarnya punya kebaikan dan keburukan, dan alangkah tidak adil kalau karena kita hanya menghujat dan tidak melihat sisi lain dari sebuah individu, kelompok atau pun ras.

salah satu sisi hebat dari Cina adalah seorang pengarang wanita yang berhasil merekam sisi gelap Cina yang membuat ras itu tersebar di seluruh negri. yakni selain karena kehebatan ras itu sendiri dalam mengembangkan kemampuan dan ilmu pengetahuannya, juga karena tersebarnya bayi-bayi perempuan Cina akibat sistem di dalam negara yang kurang berpihak pada bayi perempuan.

lagi-lagi, hal ini bukan sesuatu yang harus dihujat. Xin Ran sang pengarang dengan jujur dan tidak berpihak, menceritakan bagaimana kesedihan ibu-ibu yang mungkin dipandang orang luar tak berbelas kasihan karena tega membunuh bayi pada saat baru lahir karena ketahuan jenis kelaminnya perempuan. salah satu sebabnya adalah karena tuntutan sistem negara -yang tadi saya bilang- tidak berpihak pada perempuan.

KOMPAS kasi saya tugas buat bikin cover buat buku ini. suatu kehormatan buat saya karena bukunya adalah best seller. saya dikasi sample-nya buat baca and menghayati isi di dalemnya. walhasil, selesai baca, mata saya bengkak abis. and butuh beberapa hari buat merangkai inspirasi cover buku yang sangat menggugah emosi ini. saya menawarkan 2 versi untuk covernya. saya belum tahu mana yang dipilih, tapi mudah-mudahan teman-teman KOMPAS buku suka.


jangan lupa baca, apalagi setelah bukunya berganti sampul saya. cihuyyy…

Leave a Reply

